Pemeriksaan PCR SWAB

Virus SARS Covid-19 

di Laboratorium RS Ananda Bekasi

RS Ananda Bekasi memberikan beragam pilihan pemeriksaan Covid-19 sesuai dengan kebutuhan Anda, Hasil tes akan dikirimkan melalui e-mail dan WhatsApp, khusus pemeriksaan PCR SWAB Express hasil bisa ditunggu 4 jam, Pemeriksaan ini lebih disarankan bagi seseorang dengan kategori suspek. Namun, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan ini jika merasa memiliki gejala demam, batuk, atau sesak nafas meskipun tidak memiliki riwayat bepergian ke negara/wilayah di Indonesia yang melaporkan transmisi lokal atau ada riwayat kontak dengan kasus konfirmasi / probable Covid-19.

KEGUNAAN PEMERIKSAAN SWAB PCR

PCR bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan materi genetik yang ada di dalam setiap makhluk hidup, termasuk virus dan bakteri. Kemampuan tes PCR dalam mendeteksi materi genetik tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi sejumlah penyakit infeksi, seperti :
  • Gonore
  • Klamidia
  • Penyakit Lyme
  • Pertusis (batuk rejan)
  • Infeksi cytomegalovirus
  • Infeksi human papillomavirus (HPV)
  • Infeksi human immunodeficiency virus (HIV)
  • Hepatitis C
  • COVID-19

SAMPEL PEMERIKSAAN SWAB PCR

Pemeriksaan SWAB PCR menggunakan sampel lendir yang dapat diambil melalui hidung
(nasofaring) atau mulut (orofaring). Hasil pemeriksaan SWAB PCR ini akan benar - benar menunjukkan keberadaan virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 di dalam tubuh pasien.
Tahapan prosedur pemeriksaan SWAB PCR ini yaitu, alat swab / dacron yang akan diusapkan ke area belakang hidung / nasofaring untuk
memperoleh sampel cairan atau lendir yang ada di area ini. Kemudian sampel yang diambil akan di analisa menggunakan PCR di Laboratorium
RS Ananda Bekasi.


PROSEDUR PENGAMBILAN

SAMPEL TES PCR SWAB

Salah satu metode pengambilan sampel untuk
selanjutnya diperiksa dengan PCR adalah melalui tes usap (swab test). Tes usap bisa dilakukan pada hidung, saluran antara hidung dan tenggorokan
(nasofaring), atau saluran antara mulut dan
tenggorokan (orofaring).

1. Petugas akan memasukkan alat  swab  yang menyerupai cotton bud panjang ke hidung hingga ke nasofaring (bagian atas tenggorokan yang
terletak di bagian belakang hidung)
2. Petugas akan memutar atau menggerakkan alat swab beberapa kali (sekitar 15 detik) agar lendir di nasofaring menempel di alat swab.
3. Setelah proses pengambilan sampel lendir
selesai, petugas akan menarik alat swab secara
perlahan dan pasien akan diminta memakai masker kembali.




ALAT PCR

(Real Time PCR & Ekstraksi Otomatis)

Laboratorium RS Ananda Bekasi telah terdaftar
oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, sebagai jejaring laboratorium pemeriksaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).


HASIL PEMERIKSAAN SWAB PCR


Hasil pemeriksaan SWAB PCR ada dua macam yaitu positif dan negatif. Hasil positif menandakan adanya virus SARS - CoV-2. Hasil negatif berarti tidak ditemukan adanya virus SARS-CoV-2 dalam sampel pemeriksaan. Pengulangan pemeriksaan SWAB PCR tetap perlu dilakukan sesuai anjuran dari dokter atau tenaga medis yang menangani pasien.  Standar hasil pemeriksaan SWAB PCR di Laboratorium RS Ananda Bekasi dapat diketahui 4 jam hingga 2 hari setelah pengambilan sampel swab dari pasien.






JADWAL PEMERIKSAAN SWAB PCR


Senin s/d Sabtu

Jam : 08.00 - 19.00 WIB
Minggu / Hari Libur
Jam : 08.00 - 12.00 WIB





Klik Tombol Dibawah Untuk registrasi online

Sosial Media
Alamat
021 8854338
marketing@rsananda.com
Jl. Sultan Agung No. 173, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, 17132
RS Ananda Group
Copyright @ RSA 2021